Senin, 24 Oktober 2011

contoh surat gugatan cerai


CONTOH SURAT  GUGATAN CERAI

Banyak faktor penyebab terjadinya perceraian. Hingga contoh surat gugatan cerai yang diarsipkan di Pengadilan Agama pun dibongkar, sebagai referensi bagi pasangan yang ingin berpisah.
Pengertian Nikah dan Cerai dalam Hukum Negara
Bercerai adalah peristiwa yang menyakitkan hati kedua belah pihak dan keluarga. Siapa pun jelas tak menginginkan untuk bercerai. Apalagi bila sampai mencari referensi contoh surat gugatan cerai.
Pada dasarnya semua agama membenci urusan perceraian. Namun beberapa membolehkan perceraian dengan aturan dan dasar hukum-hukum agama. Agama Kristen dan Protestan melarang perceraian, namun agama Islam mengijinkan.
Dasar penghalalan perceraian dalam Islam bermaksud untuk menghindari suatu fitnah dan menjaga diri dari berbuat zinah, apabila rumah tangga sudah tidak dapat dipertahankan. Kuatir apabila dipaksakan justru berdampak negatif.
Perkara Halalnya Bercerai
Dalam agama Islam dihalalkannya bercerai antara lain :
  1. Tidak terpenuhinya nafkah batin dari seorang suami kepada istrinya.
  2. Tidak diberikan nafkah lahir selama tiga bulan berturut-turut.
  3. Adanya kekerasan dalam rumah tangga.
  4. Tidak mendapatkan keturunan dari perkawinan.
  5. Adanya unsur pemaksaan dan penipuan dalam perkawinan tersebut.                                  
Dan alasan-alasan di atas tadi yang harus dicantumkan dalam contoh surat gugatan cerai Anda ke Majelis Hakim.
Proses Cerai
Proses perceraian yang tercantum dalam beberapa contoh surat gugatan cerai, yang dijadikan referensi adalah ::
  1.  Membuat Kronologis Permasalahan

    Tergantung dari mana gugatan cerai itu berasal. maka si Penggugatlah yang membuat kronologis permasalahan kepada Pengadilan Agama berupa alasan-alasan mengapa ingin bercerai.
  2.  Mendaftarkan Gugatan Di Pengadilan

    Yang patut Anda perhatikan adalah tentang biaya pendaftaran gugatan cerai, dan Pengadilan Agama yang ditunjuk untuk mengadili kasus gugatan cerainya.
  3.  Membayar Biaya Pendaftaran Gugatan

    Biaya pendaftaran gugatan cerai berdasarkan sumber dari Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Daftar gugatan cerai dari istri Rp 555.000,dari suami Rp 635.000, dan daftar surat kuasa advokat (bila membutuhkan jasa advokat) Rp 100.000,-. Tiap tahun biaya akan mengalami perubahan.
  4. Masa Menunggu Surat Panggilan Sidang

    Kurang lebih dua minggu sampai datangnya surat penentuan tanggal sidang.
  5. Menjalani Sidang

    Beberapa rangkaian sidang yang akan Anda lalui adalah :
    • Sidang Replik. Sidang penyerahan surat berisi respon atas jawaban surat dari si Tergugat (bisa suami atau istri).
    • Sidang Duplik. Sidang penyerahan surat berisi tanggapan dan respon dari surat Replik Penggugat.
    • Sidang Pembuktian Saksi dari Penggugat. Sidang penyerahan bukti-bukti keretakan rumah tangga. Dapat berupa bukti tertulis, foto dan pernyataan saksi.
    • Sidang Kesimpulan. Sidang penyerahan surat kesimpulan dari proses sidang sebelumnya. Berupa pembacaan replika, duplik dan keterangan para saksi. Sebelum dibacakan kesimpulan.
    • Sidang Putusan. Sidang terakhir keputusan apakah perceraian tersebut dikabulkan atau tidak. Harus dihadiri pihak suami dan istri.
Contoh Surat Gugatan Cerai
Kepada Yth : Bapak/Ibu ketua Pengadilan Negeri / Agama Jakara Selatan
            Di Tempat
Dengan Hormat,
Bersama ini saya yang bernama Mutiara Indah, Islam, 27 tahun, pekerjaan PNS, beralamat di Jl. P No.2 D-VI/115, Kebayoran Baru – Jakarta Selatan, selanjutnya disebut sebagai PENGGUGAT.
Dengan ini Penggugat bermaksud mengajukan gugatan perceraian terhadap :
Bobby Hasoloan, Islam, 32 tahun, pekerjaan swasta, alamat Komplek Joglo, jalan Baru No.36 – Denpasar, yang untuk selanjutnya disebut sebagai TERGUGAT.
Dasar-dasar dan alasan dari diajukannya gugata perceraian ini adalah sebagai berikut :
  1. Pada tanggal 22 Desember 1994, Penggugat dan Tergugat telah melangsungkan perkawinan dan tercatat di Kantor Urusan Agama Jakarta Selatan dengan Akta Perkawinan dengan nomer __________ tanggal ________
  2. Dalam perkawinan yang berlangsung antara Penggugat dan Tergugat memiliki seorang anak laki-laki bernama : RajasaMancanegara, yang lahir di Buleleng-Bali pada tanggal ________ dan tercatat dalam Akta Kelahiran No. __________
  3. Pada awal perkawinan Tergugat menunjukkan sikap yang normal, wajar dan baik. Namun belakangan baru diketahui bahwa Tergugat ternyata mengidap kelainan seksual yakni HETEROSEKSUAL.
  4. Didapati bukti bahwa selain menikah dengan Tergugat, Penggugat juga memiliki istri lain (pasangan homo) dengan seorang lelaki bernama David bin Tukijan.
  5. Penggugat merasa adanya unsur penipuan di dalam perkawinan yang telah dijalani dengan Tergugat, sehingga memutuskan untuk melakukan gugatan cerai.
Berdasarkan uraian di atas, Penggugat memohon kepada Majelis Hakim yang memeriksa perkara ini untuk memutuskan hal-hal berikut :
  1. Menerima gugatan dari Penggugat.
  2. Mengabulkan gugatan penggugatan secara keseluruhan.
  3. Menyatakan putusnya ikatan perkawinan antara Penggugat dan Tergugat yang tercatat dalam Akta Perkawinan No. _________________ yang tercatat di Kantor Urusan Agama Jakarta Selatan.
  4. Menyatakan hak asuh dan pemeliharaan anak jatuh dalam kekuasaan Penggugat.
  5. Menghukum Tergugat untuk memberikan uang iddah sertanafkah anak sebesar Rp 3.500.000,- / bulan.
  6. Membebankan semua biaya perkara kepada Tergugat.
Apabila Majelis Hakim berkeputusan lain, Penggugat mohon keputusan yang seadil-adilnya.
Atas perhatiannya, diucapkan terima kasih.
Jakarta, ______________
Hormat Penggugat